15 Tempat Wisata Deli Serdang Sumatera Utara Paling Menarik

Wisata Deli Serdang - Deli serdang merupakan satu dari 33 kabupaten kota yang ada di Sumatera ini. Ternyata, Deli Serdang adalah tempat dengan kekayaan alam dan budaya yang luar biasa. Dengan bentang alam yang begitu luas, Deli Serdang menyimpan surga yang akan membuat Anda terpesona akan keindahannya.

Ibukota kabupaten Deli Serdang yaitu Kota Lubuk Pakam ini hanya berjarak 33 kilometer dari Kota Medan. Sedangkan dari Bandara Internasional Kuala Namu, kota Lubuk Pakam hanya berjarak 14 kilometer. Ya, akses menuju Deli Serdang sangat mudah karena Bandara Internasional kebanggaan Sumut dan Indonesia itu berada di Kabupaten ini. 

Meski Air Terjun Dwi Warna Sibolangit yang menjadi andalan wisata Deli Serdang sudah tak indah akibat banjir bandang beberapa waktu lalu. Masih banyak objek wisata lain yang layak Anda kunjungi di Deli Serdang.

Kali ini Bang Mamad akan mengajak Anda melihat beberapa tempat wisata yang paling menarik di Deli Serdang. Di mana tempat-tempat tersebut, berikut ulasannya.

1. Pesona Indah Danau Linting


a photo by @haryanti_yantii via instagram
Danau Linting merupakan salah satu danau terindah yang dimiliki Sumatera Utara. Danau yang berjarak sekitar 70 kilometer dari kota Medan ini mempunyai pesona yang begitu indah. Danau dengan wara air hijau pirus ini dikelilingi pepohonan hijau yang membuat Anda terpukau akan keindahannya.

Danau Linting terletak desa Sibunga-bunga Hilir, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Jalanan cukup sulit dengan kontur bebatuan akan Anda lewati untuk memasuki kawasan danau yang berada di tiga desa ini. Pemandangan perkebunan kelapa sawit, karet dan kakao akan silih berganti Anda lewati. 

Untuk memasuki kawasan ini Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp5.000,- . Uniknya menurut warga setempat warna danau ini sering berubah-rubah, kadang-kadang hijau, kadang-kadang biru, terkadang pun biru dan hijau, hijau dan biru (perpaduan warna). Bagi Anda yang ingin mengunjungi danau eksotis ini, sebaiknya Anda melakukan persiapan yang matang karena di sekitar danau ini fasilitas dan akomodasi yang tersedia amat minim.

2. Kemegahan Bandara Kuala Namu


sumber : rezkiapriliya.wordpress.com
Bandara Kuala Namu adalah gerbang bagi wisata Sumatera Utara. Bandara yang berada di lahan seluas 1.300 hektare ini disebut-sebut tak kalah megah dengan Bandara Changi Singapura. Kemegahan bandara ini layak Anda jadikan sebagai tempat yang Anda singgahi dan nikmati, setidaknya sebagai latar belakang foto Anda.

3. Menikmati Kuliner Bagan Percut


sumber : kuliner-ilmci.com
Salah satu tempat terbaik untuk menikmati kuliner di Deli Serdang adalah di Kawasan Bagan Percut. Di tempat yang merupakan lokasi pelelangan ikan ini terdapat sebuah restoran terapung dengan suasana menghadap ke laut lepas. Berjarak hanya 17 kilometer dari Kota Medan dan 18 kilometer dari Kota Lubuk Pakam, tempat ini merupakan daerah yang sangat strategis.

Untuk sampai ke restoran terapung ini, Anda perlu menyeberang menggunakan boat dengan tarif Rp10.000,-  perorang. Berbagai hidangan khas laut menjadi santapan kuliner yang begitu menggugah selera Anda. Apalagi pemandangan laut lepas tentunya akan menambah selera makan Anda.

4. Keasrian Air Terjun Tarunggang


sumber : wenypetualangcantik.blogspot.co.id
Air terjun Tarunggang terletak di Desa Rumah Lengo, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Berjarak 47 kilometer dari Kota Medan dengan waktu tempuh sekitar satu jam melalui Jl. Pertahanan. 

Air terjun dengan ketinggian sekitar 15 meter ini memiliki gua dibelakang aliran airnya yang begitu deras. Selain itu terdapat pasir putih yang berada di antara air terjun dan kolam yang cukup luas. Di lokasi ini merupakan salah satu spot terbaik bagi Anda yang gemar memancing. 

Untuk mencapai lokasi air terjun ini tak begitu sulit. Anda dapat menggunakan kendaraan roda empat ataupun roda dua, lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati perkebunan warga dengan waktu sekitar 10 menit. Untuk memasuki lokasi air terjun ini Anda tak perlu membayar retribusi alias gratis.

5. Liburan Seru di Armaya Wisata Alam


Sumber :armayawisata.blogspot.co.id
Armaya wisata alam terletak di desa Sukarende, kec. Kutalimbaru, Pancurbatu, Salam Tani, Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Dari Kota Lubuk Pakam berjarak sekitar 48 kilometer dan dari kota Medan hanya berjarak sekitar 30 kilometer. 

Kawasan wisata terpada bernuansa eco green ini memiliki aneka fasilitas seperti kolam pancing, kolam renang, restoran, hotel, dan sungai dalam satu lokasi. Tempat ini sangat cocok untuk gathering dan outbond bersama komunitas ataupun kantor. Dengan tiket masuk Rp10.000,- perorang, tempat yang amat bersih dan asri ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati liburan seru bersama teman ataupun keluarga.

6. Pantai Salju yang Memukau


sumber : avrieleey.blogspot.co.id
Pantai Salju terletak di Desa Mabar kecamatan Bangun Purba kabupaten Deli Serdang, provinsi Sumatera Utara. Berjarak sekitar 50 kilometer dari kota Medan dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan. 

Pantai Salju, mendengar namanya mungkin Anda berpikir pasir putih dan birunya laut. Namun, pantai salju yang satu ini berbeda, pantai ini merupakan bantaran sungai dengan kondisi bebatuan cadas dengan air sungai yang putih dan beningnya riak air sungai, yang sepintas mirip salju.

Pantai yang merupakan aliran sungai buaya ini merupakan salah satu tempat terindah yang ada di Deli Serdang. Tak hanya sebagai tempat arung jeram dan mandi terbaik tempat ini juga kaya akan legenda yang memukau. 

Berbagai fasilitas tersedia di tempat ini seperti penyewaan ban dengan harga sewa Rp 5.000, pondok-pondok tempat berteduh bagi tamu dengan harga Rp 15.000 (Sabtu dan Minggu Rp 20.000), tempat shalat, warung jajanan, toilet sederhana, serta pelataran parkir. Mengunjungi pantai ini adalah hal yang akan membuat liburan Anda menjadi begitu berkesan.

7. Mengunjungi Dusun Kreatif Deli Serdang


a photo by @bhimoadrian via instagram
Mendengar namanya, mungkin Anda berpikir bahwa dusun ini adalah bagian dari sebuah desa. Namun, perlu Anda ketahui bahwa dusun kreatif adalah nama sebuah arena outbond dengan konsep permainan tradisional. 

Dusun kreatif terletak di Jl. Leman Harahap Gg Viola/Nabila Desa III B, Desa Mariendal Satu, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Dusun kreatif hanya berjarak sekitar 14 kilometer dari kota Medan.

Dusun dengan konsep traditional game village ini berpadu dengan kebun, ladang, kolam ikan, peternakan kambing, dan persawahan asri penduduk desa. Berbagai permainan tradisional dapat Anda nikmati di tempat ini seperti engklek, dakon (congklak-congkak), egrang (alat yang digunakan untuk bermain jangkungan), terompah, teklek-bakiak (kasut kayu), terompah panjang, galasin, gerobak sodor.

Untuk memuaskan hasrat kuliner Anda, di tempat ini juga tersedia tempat makan dengan berbagai hidangan tradisional. Mengunjungi dusun kreatif adalah pilihan wisata yang akan membuat Anda merasakan suasana yang sulit Anda nikmati di zaman modern saat ini.

8. Mengunjungi Taman The Le Hu Garden

a photo by @epe_the_le_hu via instagram
Taman Le Hu Garden adalah taman wisata yang mengusung konsep suasana kampung atau pedesaan. Taman yang cukup luas ini terdiri dari beberapa kolam ikan, pondokan dan bunga-bunga yang tertata rapi yag membuat taman ini terlihat indah dan asri. 

Taman ini terletak di kelurahan Deli Tua Barat kecamatan Deli Tua kabupaten Deli Serdang. Jaraknya cukup dekat, hanya 18 kilometer dari pusat kota Medan. Untuk memasuki tempat ini Anda perlu merogoh kocek sebesar Rp10.000,- dan Rp20.000,- jika Anda ingin menyewa perahu. Konsep kampung tradisional di Le Hu Garden membuat siapa saja yang datang merasakan bahagia. Nah tunggu apalagi, jika Anda berkunjung ke Deli Serdang ataupun kota Medan, tempat ini layak Anda jadikan tujuan wisata utama Anda.

9. Bersantai di Siba Island


sumber : lingva-mir.ru
Pulau Siba adalah sebuah pulau yang memiliki luas sekitar 14 hektare yang terletak di Sei Bahari, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. Pulau yang merupakan milik salah seorang pengusaha Sumatera Utara ini memiliki keindahan alam yang luar biasa. Terletak sekitar 10 kilometer dari bibir teluk Pelabuhan Belawan, dari pulau ini kita dapat memandangi indahnya hutan mangrove yang terhampar dan jernihnya air yang menyejukkan mata.

Berbagai macam fasilitas tersedia di pulau ini mulai dari tempat menginap, area mancing, berbagai wahana permainan, dan kedai yang buka 24 jam membuat pengunjung yang datang ke tempat ini begitu nyaman. Untuk menyeberang ke pulau cantik nan eksotis ini Anda dapat nak boat dengan tarif sekitar Rp70.000,- per orang.

10. Waterpark Bima Utomo International


photo by @taukotembungcom via instagram
Waterpark yang terletak di i Jl.Ampera Pasar 6 Batang Jambu Desa Sidodadi, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara ini merupaka salah satu tempat yang layak Anda kunjungi. 


Dengan berbagai wahana permainan air dan taman wisata sertadanau buatan yang dapat Anda nikmati. Serta adanya fasilitas seperti kuda, ATV, Sepeda Air dan Spead Boat yang dapat Anda gunakan untuk mengelilingi taman wisata dan danau buatan membuat waterpark ini sangat layak Anda kunjungi. 

Untuk memasuki kawasan wisata yang hanya berjarak tempuh 30 menit dari Kota Medan ini Anda tak perlum membayar mahal. Dengan biaya masuk Rp25.000,- pada hari biasa dan Rp35.000,- pada hari libur, Anda dapat menikmati suasana libur yang sangat mengasyikkan tentunya. 

11. Tempat Wisata Green Hill City Sibolangit


sumber : medan.panduanwisata.id
Arena permainan yang terletak di perumahan mewah Green Hill City ini merupakan salah satu tempat yang cocok bagi Anda yang gemar berekreasi. Area permainan yang terletak Jalan Let. Jend. Jamin Ginting, Sibolangit, Sikeben, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara ini sangat asri dan sangat layak untuk dijadikan tempat berfoto. 


Green Hill City menawarkan beberapa wahana permainan seperti Roller Coaster, Bombom Car, Kincir Raksasa, Bioskop 4D, dan lain-lain. Selain itu tersedia juga wahana permainan anak seperti kincir mini, mini bombom, ajut-ajut, dan masih banyak lainnya.

Berbagai fasilitas dapat Anda nikmati di tempat ini mulai dari tempat bersantai, area makan dan lokasi indah untuk mengambil foto. Untuk masuk ke tempat ini Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp10.000,- dengan paket lanjutan sebesar Rp40.000,- Anda dapat mencoba berbagai wahana permainan. Tempat ini layak bagi Anda yang ingin menikmati liburan seru bersama keluarga.

12. Air Terjun Sampuren Putih


photo by @mtma_sumut via instagram
Air terjun sampuren putih terletak di Desa Cinta Rakyat/Bas Ukum, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang. Air terjun ini sangat indah dengan kandungan belerang yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. 

Air terjun ini sangat layak Anda kunjungi jika Anda pencita alam yang menyukai tantangan. Seperti kebanyakan air terjun lainnya di Indonesia, fasilitas wisata di lokasi ini masih tergolong minim. Untuk itu perlu persiapan eksta agar perjalanan Anda menuju air terjun ini menjadi nyaman.

13. Air Terjun Pelangi Indah yang Seindah Pelangi


photo by @andigaliih via instagram
Air Terjun yang satu ini benar-benar mempesona dan cantik dipandang mata. Dengan bebatuan besar dan dinding tebing-tebing besar, air terjun pelangi terlihat begitu indah. Air terjun ini terletak di Desa Cinta Rakyat/Bas Ukum, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang.

14. Taman Buah Lubuk Pakam


a photo by @ummi_juin via instagram
Jika Anda ingin menikmati agro wisata, taman buah Lubuk Pakam ini wajib Anda kunjungi. Taman buah yang terletak di Komplek kantor Bupati Deli, Kelurahan Serdang, Kecamatan Pagar Merbau, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara ini memiliki berbagai pohon buah seperti pohon durian, mangga, rambutan, manggis, duku, belimbing, sawo, jambu biji, manggis, nenas dan sebagainya. Berbagai macam aneka jenis bunga yang tertata rapi menghiasi sekitar taman ini. Di tempat ini Anda dapat makan buah sepuasnya tanpa dikenai biaya apapun. Enak bukan.

15. Air Terjun dan Lembah Loknya


a photo by @namiraptri85 via instagram
Kagum, mungkin itulah hal pertama di benak Anda ketika melihat air terjun yang amat cantik ini. Perpaduan antara jernihnya air terjun, pepohonan menghijau dan pemandangan alam nan indah membuat siapa saja yang datang ke tempat ini merasakan kebahagiaan yang amat mendalam. 


a photo by @rangkutihafis via instagram
Air terjun dan Lembah yang terletak di Desa Bandar Baru Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli serdang ini menjadi pilihan tepat bagi Anda pencinta petualangan di alam bebas. Lokasinya yang cukup jauh dan memerlukan persiapan yang matang. Ketika menginjakkan kaki di lokasi ini Anda akan melihat pesona alam yang luar biasa.

Itu dia tempat-tempat wisata menarik di Deli Serdang. Keindahan bumi pertiwi memang tak ada habisnya untuk dibahas. Setiap daerah memiliki keindahan dan kekhasan yang membuat perjalanan begitu berkesan. Begitupun Deli Serdang, Kabupaten ini akan memberikan sejuta cerita bagi perjalanan wisata Anda. 
Baca juga 



Comments